Minggu, 04 November 2012

8 Tips Aman Menghindari Mata Lelah Di Depan Komputer


Apa kabar sobat HT. Lama gak post, kali ini saya mau berbagi tips aman menghindari mata lelah di depan komputer

Online online, online online. Bikin betah, tapi mata lelah  Lho kok?
Jika  Anda termasuk orang yang suka berteman dengan komputer, apalagi setiap  hari bersama komputer non-stop. Online tanpa ujung. Maka bersiaplah  punggung lelah, pinggang lelah, kaki kesemutan, pundak capek,  tenggorokan kering kehausan hehehe ya gak segitunyalah kecuali main  komputernya sambil angkat besi hehehe  peace!
Online berlama-lama dapat menyebabkan mata Anda kelelahan, nah inilah tips menghindari mata Anda kelelahan di depan komputer :
1. Jaga jarak mata dari monitor
Jangan  terlalu dekat dengan monitor komputer, karena sedikit membahayakan mata  Anda. Jarak yang disarankan adalah kurang lebih 0,5 sampai 1 meter.
2. Pakai Filter Anti Radiasi untuk CRT
Filter  radiasi dapat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh radiasi  monitor tabung (CRT). Sebaiknya Anda gunakan monitor filter ini,  harganya terjangkau, tersedia untuk CRT 15 inch maupun yang 17 inch.
3. Atur Brightness-Contrast
Aturlah  pencahayaan monitor Anda agar lebih sejuk di mata. Jangan mengatur  monitor Anda terlalu terang karena efek silaunya dapat mempercepat  kelelahan mata Anda.
4. Gunakan kacamata anti radiasi
Cahaya  yang berlebihan memang dapat memberi efek nyeri pada mata, oleh karena  itu kacamata anti radiasi dapat Anda gunakan untuk menguranginya.  Kacamata ini tidak hanya bisa digunakan saat di depan monitor komputer  saja, tetapi juga saat melihat TV, lampu mobil dan sumber cahaya  lainnya.
5. Ganti Monitor CRT dengan LCD
Untuk  monitor LCD memang sudah cukup aman, meski bukan berarti tanpa radiasi  sedikitpun. Anda tetap disarankan untuk menjaga jarak pandang terhadap  monitor.
6. Istirahatkan mata Anda
Inilah  cara termudah dan termurah, istirahatkan mata Anda setiap 1 jam selama 5  menit saja. Anda bisa melakukan Aktifitas lain seperti minum,  memejamkan mata sejenak atau sekedar menjauh dari monitor.
7. Berkedip
Mungkin  Anda akan menertawakan hal ini, masak menggunakan komputer sampai tidak  berkedip? Perlu di ingat kembali bahwa dengan berkedip mata akan  terlumasi oleh cairan mata. Hal ini akan lebih meringankan dan  melemaskan otot-otot di sekitar mata.
8. Lihatlah keluar jendela

Agar  mata Anda tidak terlalu tegang menatap lama-lama komputer atau laptop,  ada baiknya sesekali Anda melihat keluar jendela. Hal ini akan membantu  mata Anda menyesuaikan kembali jarak pandang Anda. Sebab, terlalu  berlama-lama melihat dalam jarak dekat dapat menyebabkan kemampuan  penglihatan jarak jauh Anda berkurang. So, sekali-kali lihatkan keluar  jendela, nikmati pohon-pohon yang tumbuh nan jauh disana

Semoga bermanfaat ya sobat ^_^. mksi udah berkunjung 
Suka Dengan Artikel Ini ?

0 komentar "8 Tips Aman Menghindari Mata Lelah Di Depan Komputer", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Banner

Banner

 
 
Copyright © 2013. DCT - Blog - All Rights Reserved
Design by Luhur Muhammad Fatah | Powered By Blogger.com